Tersanjungkah engkau dengan licin lidahmu bertutur, sementara dalam hatimu tak ada apa-apa. Kau kunyah mitos pemberian masyarakat dan sangka baik orang-orang berhati jernih, bahwa engkau adalah seorang saleh, alim, abid lagi mujahid, lalu puas meyakini itu tanpa rasa ngeri. Asshiddiq Abu Bakar Ra. selalu gemetar saat dipuji orang. “Ya ALLAH, jadikan diriku lebih baik daripada sangkaan mereka, janganlah Engkau hukum aku karena ucapan mereka dan ampunilah daku lantaran ketidaktahuan mereka”, ucapnya lirih

Rabu, 09 Mei 2012

Mendaki saat Kemarau

Sumber : http://www.belantaraindonesia.org 

Mendaki gunung sering kita tidak ingin terbatas waktu. Musim hujan dan musim panas kita tetap berjalan. Walau kita juga tahu, musim dan cuaca juga mempengaruhi kemampuan tubuh kita dalam melakukan sebuah pendakian gunung. Apabila Anda ingin mendaki gunung dalam keadaan musim kemarau, cobalah ikuti beberapa tips berikut ini.



PERBANYAK MINUM
Hal penting yang tidak boleh dilupakan saat mendaki gunung di musim kemarau dan bersuhu tinggi, perbanyaklah minum. Di wilayah gunung yang bersuhu tinggi, tentu Anda akan mengeluarkan banyak keringat. Agar tetap sehat dan tidak kehilangan cairan tubuh, cukupkan minum Anda. Meski tidak terasa haus, usahakan tetap minum. Ini membantu stamina Anda tetap terjaga.

GUNAKAN SUNBLOCK DAN LIPGLOSS
Setelah turun dari gunung, Anda tidak ingin wajah Anda dan kulit Anda terbakar bukan? Agar terhindar dari itu semua, selalu gunakan Sunblock selama 4 jam sekali. Selain itu, gunakan juga Lipgloss pada bibir Anda. Jangan anggap remeh hal ini. Udara yang kering dan suhu tinggi terkadang bisa menyebabkan kulit atau bibir Anda mengeluarkan darah. Jadi, selalu gunakan Lipgloss dan Sunblock.

SUNTIK MENINGITIS
Mendaki di musim kemarau bisa cukup berbahaya jika Anda tidak cukup kuat. Beberapa penyakit seperti Headstroke dan Meningitis bisa terjadi. Agar terhindar dari itu semua, lakukan suntik Meningitis sebulan sebelum melakukan pendakian gunung.

GUNAKAN ALAT PELINDUNG
Saat melakukan pendakian, jangan lupa dengan kacamata hitam. Kacamata hitam membantu mata Anda terhindar dari silaunya sinar Matahari. Dan baju lengan panjang yang cukup melindungi tubuh dari panas. Juga gunakan topi sebagai pelindung kepala agar tidak terpapar langsung dengan cahaya Matahari.

HORMATI ADAT KETIMURAN DI INDONESIA
Mendaki saat musim kemarau memang akan terasa enak apabila dengan pakaian yang terbuka. Tetapi alangkah baiknya apabila Anda mengurungkan sedikit niatan tersebut. Ingatlah adat ketimuran Indonesia yang menjunjung kesopanan dan juga menghindarkan kita dari sesuatu hal yang tidak kita inginkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Kembali ke ...

SHARE

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Translate

Follow me!Follow me!

P

Terus Bergerak !!!

Semburat Ingin Tahu

Cerdas MerdekA :)

SwaMedium

Ketinggalan Jejak