Tersanjungkah engkau dengan licin lidahmu bertutur, sementara dalam hatimu tak ada apa-apa. Kau kunyah mitos pemberian masyarakat dan sangka baik orang-orang berhati jernih, bahwa engkau adalah seorang saleh, alim, abid lagi mujahid, lalu puas meyakini itu tanpa rasa ngeri. Asshiddiq Abu Bakar Ra. selalu gemetar saat dipuji orang. “Ya ALLAH, jadikan diriku lebih baik daripada sangkaan mereka, janganlah Engkau hukum aku karena ucapan mereka dan ampunilah daku lantaran ketidaktahuan mereka”, ucapnya lirih

Rabu, 09 Mei 2012

Cara Murah Memasarkan Produk Anda

Apakah Anda pikir sulit menerapkan taktik² pemasaran yang efektif? Coba pikirkan lagi. Di sini ada lima cara untuk terjun ke bisnis dengan anggaran hemat.

Oleh Susan LaPlante-Dube
May 17, 2005

Ngebet untuk memperluas basis klien Anda serta berpromosi tentang jasa dan produk Anda? Ragu apakah Anda perlu program pemasaran sedangkan Anda tidak punya anggaran ribuan dollar? Jawabannya, tentu saja, iya ‘kan. Secara financial, malah lebih berbahaya lho, bila bisnis tidak dipromosikan. Sesungguhnya ada ratusan ide hemat-biaya yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan pendapatan. Di sini kita bahas lima pendekatan pemasaran berdampak-tinggi yang tidak mahal dan bisa dipakai untuk hampir semua bisnis.

1. Bicaralah dengan klien Anda
Sungguh mengagumkan betapa banyak uang yang dibelanjakan para pebisnis untuk mengumpulkan informasi pasar dan menarik klien baru ketika mereka mempunyai sangat banyak peluang dan informasi pada basis klien yang ada. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan pendapatan adalah dengan berbicara ke pelanggan² yang ada. Idealnya, ini dilakukan oleh orang di luar perusahaan Anda sehingga klien bersedia bersikap jujur dan terbuka. Ketika Anda menilai persepsi, Anda tidak harus berbicara dengan ratusan individu; cukup hanya memilih 5 sampai sepuluh klien dan mintalah kesediaan mereka berpartisipasi dalam wawancara telepon. Begini cara kerjanya:
1. Kirimlah surat yang meminta kesediaan mereka untuk diwawancarai oleh pihak ketiga tentang perusahaan Anda.
2. Siapkan pewawancara untuk menelpon dan mengajukan pertanyaan² berbasis-nilai, seperti berikut:
• Permasalahan apa yang sedang Anda coba atasi atau tantangan apa yang Anda hadapi ketika Anda memakai jasa Perusahaan YUDI?
• Seberapa pentingkah jasa Perusahaan YUDI dalam memecahkan permasalahan Anda atau mengatasi kendala² Anda?
• Apa yang paling Anda hargai dari kinerja perusahaan ini?
• Apa jasa² atau produk² lain yang Anda ingin mereka tawarkan yang bisa membantu Anda menghadapi tantangan² bisnis yang lain?
3. Setelah semua wawancara diselenggarakan, rangkum informasi untuk menemukan tema dan kecenderungan.
4. Kirimkan surat pernyataan terimakasih kepada setiap klien yang berpartisipasi. Cantumkan hal² penting dari wawancara dan jelaskan perbaikan² spesifik yang Anda rencanakan untuk bisnis Anda berdasarkan informasi ini.
Yang penting di sini adalah terapkanlah apa yg Anda pelajari. Jika Anda tidak membuat perbaikan² pada bisnis Anda, maka Anda sudah menyia-nyiakan waktu semua orang. Satu perusahaan yang baru² ini melakukan hal tsb telah berhasil melipat-tigakan bisnisnya dalam satu tahun – si pemilik mempelajari apa yang orang² inginkan, bagaimana solusi mereka membuat perbedaan, bagaimana menyajikannya, bagaimana memasang harga, dan selanjutnya melakukan perubahan² yang meningkatkan hal² tsb.
Kunci suksesnya: Percakapan dengan pelanggan Anda adalah sekedar suatu percakapan. Jangan bertanya bertubi-tubi; sebaliknya, usahakan agar pewawancara terlibat dalam percakapan dan mengumpulkan sebanyak mungkin data berharga yang bisa didapat. Ingat, ini bukanlah tentang seberapa puasnya mereka, melainkan tentang seberapa besar mereka menghargai jasa/layanan atau produk Anda.

2. Secara kreatif, kemaslah kampanye pemasaran Anda
Kartupos memang satu cara [biasa] untuk menjual bisnis. Namun bagaimana bila Anda kemas satu kotak kecil bersama-sama dengan garpu, pisau, sendok dan serbet yang bertuliskan undangan kepada prospek Anda untuk "makan siang bersama yuk?" Berpikirlah di luar pakem, maka kampanye pemasaran Anda akan berdampak lebih.
Dan jangan takut untuk melihat apa yang dilakukan orang lain di bisnis yang lain dan sesuaikanlah itu ke bisnis Anda. Pikirkanlah detil² kecil yang bisa menarik perhatian. Saya pernah melakukan program pemasaran bagi industri makanan. Brosur mereka dikemas dengan segel-vakum di dalam plastik yang sama yang dipakai membungkus bacon. Brosur yang dikirim ke perusahaan² teknologi menggunakan amplop pelindung statis. Kampanye ini menghasilkan 96% pengenalan (recognition) ketika telpon tindak-lanjut dilakukan.
Kunci suksesnya: Tetapkanlah tujuan yang jelas untuk kampanye pemasaran Anda, dan identifikasi bagaimana Anda akan mengukur suksesnya. Kemudian tindaklanjuti untuk mengukur hasilnya dan sesuaikan program jika perlu.

3. Sampaikanlah pesan dengan publisitas
Anda pikir tidak bisa ya melakukan publisitas atau humas (PR) tanpa jasa dari perusahaan pemasaran yang mahal? Anda bisa lho! Walaupun memang perusahaan yang baik menyandang pengalaman dan kontak yang luar biasa, kebanyakan perusahaan kecil pun bisa melakukan sendiri humas yang cukup untuk menarik perhatian publik. Contoh satu sumberdaya yang bagus untuk media adalah Shock PR, satu perusahaan hubungan masyarakat yang berpusat di Holliston, Massachusetts. Produk mereka, PR in a Box, menyampaikan selebaran², tips dan instruksi langkah-demi-langkah cara menyiapkan terbitan (release) dan kisah² petikan yang akan membangkitkan minat media.
Kunci suksesnya: Cukup satu kata, daya ungkit. Meskipun bisa saja terjadi, tapi janganlah berharap bahwa satu penempatan berita saja akan bisa menghasilkan ribuan dollar. Sukses Anda tergantung pada daya ungkit setiap pemberitaan pers, setiap artikel dan setiap terbitan. Taruh semuanya di situs Web Anda: Buat satu halaman berita dan tambahkan satu area What's New (Apa yang Baru) di homepage Anda. Tambahkan itu ke dalam kit pemasaran Anda dan kirimkan ke para klien, rekan² kerja dan organisasi² profesional. Cantumkan satu catatan di laporan berkala Anda yang menyatakan ' Baru² ini Muncul di...' Dan ingat: Humas lebih hemat biaya dan lebih terpercaya dibanding iklan.

4. Tingkatkanlah hubungan yang telah terbina
Kebanyakan orang mempunyai sedikitnya 200 kenalan. Coba saja hitung: Jika Anda mengenal 200 orang dan mereka masing-masing mengenal 200 orang lagi, maka jadilah 40,000 kontak potensial! Luangkanlah waktu untuk membina hubungan dengan orang² yang telah Anda kenal –para klien, rekan² kerja, orang² yang Anda temui di organisasi jaringan profesional, teman² dan bahkan keluarga. Mulailah dengan membuat daftar semua orang² yang Anda kenal. Berikutnya, buat prioritas daftar Anda ke dalam kelompok A, B dan C. A adalah advokat Anda. Ini adalah orang² yang sangat mendukung Anda. Mereka adalah "cheerleaders" [pemberi semangat] yang akan merujuk bisnis kepada Anda dengan segera. B bisa menjadi advokat jika mereka mengenal lebih banyak tentang Anda, sehingga Anda harus meluangkan waktu dengan orang² ini untuk mengedukasi mereka. C adalah orang² yang tidak cukup sering berkomunikasi dengan Anda. Anda boleh tetap menjaga hubungan dengan mereka, tetapi mereka butuh lebih banyak waktu dan hubungan sebelum mereka merujuk peluang bisnis kepada Anda. Jika masih ada nama tersisa setelah ABC tadi, hapuslah.
Kunci sukses: Mendidik, jangan menjual. Yang penting di sini adalah membina hubungan. Ini berkembang sepanjang waktu seperti halnya Anda menciptakan kepercayaan dan kredibilitas. Agar benar² efektif, waspadalah selalu terhadap cara² yang dapat membantu jaringan Anda. Mulailah dari perspektif “memberi lebih dari yang Anda minta”, maka jaringan Anda akan menjadi alat pemasaran Anda yang sangat berharga.
5. Teguhlah pada pemasaran e-mail
Memasarkan melalui e-mail adalah fleksibel, hemat biaya, mudah diukur (asalkan Anda tepat pada jalurnya), dan berdampak tinggi. Itu mengijinkan Anda untuk dengan mudah mengarahkan lalu-lintas ke lokasi Web Anda, menjangkau audiens yang luas secara geografis dan Anda tinggal sering² saja menjalin kontak dengan prospek dan pelanggan Anda. Pemasaran e-mail mengijinkan Anda untuk menjual jasa Anda dan memapankan keahlian Anda dengan audiens Anda.
Gunakanlah e-mail untuk laporan berkala, pengumuman produk baru atau untuk berbagi sukses publisitas Anda – banyak sekali ide² untuk itu. Tetapi ketahuilah bahwa fleksibilitas dan kemudahan-pakai ini dapat menyebabkan masalah. Ingat, ini adalah suatu kampanye pemasaran. Sehingga pastikanlah untuk memikirkannya secara matang, susun pesan yang sesuai, ciptakan hal yang mencerminkan merek Anda, ketahui sasaran Anda, dan yakinkan bahwa informasi adalah berharga untuk pasar Anda, maka kalau tidak orang² akan cepat berhenti dari daftar e-mail Anda.
Kunci sukses: Jangan menjadi "spammer"! Kirimkan e-mail hanya kepada orang² yang sudah memberikan ijin. Bila seseorang minta dihapus dari daftar e-mail Anda, penuhilah segera.

0 komentar:

Posting Komentar

Kembali ke ...

SHARE

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Translate

Follow me!Follow me!

P

Terus Bergerak !!!

Semburat Ingin Tahu

Cerdas MerdekA :)

SwaMedium

Ketinggalan Jejak